Blog Posting :
Home » » Candi Cangkuang, Candina Urang Garut

Candi Cangkuang, Candina Urang Garut

Written By Unknown on Jumat, 23 November 2012 | 03.55


Ilustrasi Candi Cangkuang


Candi Cangkuang, Candina Urang Garut

Wisatawan dan Tourist yang terhormat, izinkanlah penulis memperkenalkan satu satunya Candi yang terdapat di Kabupaten Garut.

Situ Cangkuang ialah salah satu objek wisata yang dibanggakan masyarakat Garut karena bukan hanya keindahan alamnya saja yang menjadi andalan, namun kaya akan nilai-nilai historisitas. Mengunjungi Situ Cangkuang seolah akan membawa pengunjung kepada eksotisme dan keindahan surga dunia yang sengaja diberikan Tuhan. Bayangkan saja, Situ Cangkuang memiliki panorama yang menyilaukan mata dan membuat betah pengunjungnya

Candi Cangkuang terletak di Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Candi ini terletak di tengah-tengah Situ Cangkuang dan untuk mencapai Candi, disediakan rakit yang biasa disewa, pada hari libur tarif rakit harganya Rp.3000,- untuk dewasa dan Rp.2000,- untuk anak-anak, dan pada hari biasa harga sewa rakit menjadi Rp.50.000,- untuk satu kali pulang pergi.
Situ dan Candi Cangkuang tidak sulit dijangkau dari pinggir jalan raya Garut-Bandung. Untuk menuju ke lokasi, bisa menggunakan delman yang berjejer di pinggir jalan raya. Jika menggunakan kendaraan pribadi, hanya menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit agar bisa sampai di pinggir Situ Cangkuang.


Candi Cangkuang menyimpan berbagai kisah menarik. Konon berabad-abad lalu di Kampung Pulo ada seorang putri Hindu cantik jelita. Datanglah seorang panglima perang Mataram bernama Arif Muhamad. Dalam pelarian setelah menderita kekalahan melawan Belanda, ia berjumpa dengan sang putri, kemudian jatuh cinta. Ternyata cintanya tidak bertepuk sebelah tangan, sang putri hanya mensyaratkan kepada Arif Muhamad untuk dibuatkan sebuah situ di yang dikelilingi oleh kampung. Esoknya apa yang diinginkan sang putri dapat dikabulkan, sebuah situ yang kemudian dinamai Situ Cangkuang. Arif Muhamad pun kemudian menetap dan menyebarkan agama Islam.
Candi cangkuang terdapat 10 Km sebelah utara tarogong arah menuju ke Bandung, tepatnay di daerah Leles. Untuk menuju ketempat obyek wisata ini dari Kec.Leles, baisanya para wisatawan menggunakan kendaraan deman (andong) yang unik. Situ yang dangkal ditutupi oleh bunga teratai yang indah. Kisah turun temurun tersebut dijelaskan oleh Tatang, juru kunci Kampung Pulo, pria paruh baya, ketika kami sampai di lokasi Candi, menggunakan sebuah rakit sewaan. Sebuah candi setinggi delapan setengah meter berdiri, bersisian dengan makam Arif Muhamad. Sebuah harmoni perpaduan Islam-Hindu terasa kental.




Pertama kali candi ditemukan pada 1966 oleh Harsoyo dan Uka Candrasasmita. Penemuan ini berdasarkan laporan Vorderman tahun 1893. Sayangnya, candi Cangkuang ditemukan tak berbentuk. Hanya bersisa 40 persen saja puingnya yang 60 persen yang hilang lalu dibuat replika. Sehingga pada 1976, candi itu utuh kembali. Tepat di belakang komplek candi, terdapat rumah adat yang dengan bebas bisa ditelusuri.
Rumah adat Kampung Pulo hanya berjumlah tujuh saja, tak boleh lebih, juga tak boleh kurang. Susunannya seperti huruf U, lingkungannya asri, terawat, bersih, dan rapi. Jumlah ini simbol dari tujuh anak Arif Muhammad. Satu bangunan masjid melambangkan anak laki-laki.
Enam lainnya berupa rumah tinggal, melambangkan anak perempuan.”Kalau anak sudah menikah, dia harus pindah dari desa ini, tapi kalau ada rumah yang kosong, nanti dipanggil kembali”Walau memeluk agama islam, warga kampung memengang garis keturunan perempuan. Maka, hanya anak perempuan yang berhak tinggal di desa, anak laki-laki harus pindah ketika dewasa, jelas Tatang.

Nah, sudah jelas kan, apa-apa mengenai Situ & candi cangkuang? Oleh karena itu bila anda ingin berlibur ke kabupaten Garut, atau kebetulan sedang ada di Garut, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata yg satu ini^^
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

IP ADRESS

IP
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. .VISIT FREAKS-TASTE FAMILY - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger