Suatu
Multimedia interaktif yang baikharusmemenuhikriteria yang
dapatmenjaminkeberkesananpembelajarandansuasama proses pembelajaran yang
menyenangkanbagipelajar. MajuninHanum (2006) menyatakanbahwaciri-ciri
multimedia interaktifterdiridari 4 halyaituinteraktiviti, user friendly,
navigasidanketerpautan (link)
A. AntarMuka
Antarmukamerupakanskrin
yang menghubungkanpemakai/siswadengan program atau multimedia interaktif
B. Interaktif
Interaktifadalahsuatutingkatandimanasuatu
multimedia danpenggunasalingberpengaruhdalamsuatu system
sepertipermintaandanumpanbalik (Ivers& Barron 1998).Interaksimerupakan
proses 2 arahantarapenggunadengan media yang digunakan. Proses
interaktifdapatmeningkatkan proses kognitifdalamdiripelajar, meningkatkanminatpelajar,
dandapatmenjadilebih popular dibandingkandengankomponen multimedia lainnya.
C. Navigasi
Navigasi
pada suatu multimedia interaktif diperlukan untuk memandu pelajar dalam
mempermudah mengakses informasi yang diperlukan. Navigasi merupakan suatu
panduan yang merujuk kepada cara bagaimana pelajar menggunakan suatu multimedia
interaktif. Menurut Allesi & Trolip (2001), navigasi merujuk kepada cara
bagaimana pelajar bergerak dalam suatu program pembelajaran yaitu bagaimana ia
mengetahui pada tahapan mana ia berada. Lokasi navigasi dalam multimedia harus
konsisten untuk memudahkan pengguna. Navigasi mempermudah pengguna untuk
mengeksplor dari halaman satu ke halaman lainnya. Navigasi juga memberikan
petunjuk kepada pengguna tentang situasi atau kedudukan pada halaman mana pada
saat itu pengguna berada.
D.
Self
Instructional
Dengan
menggunakan media tersebut, pengguna mampu membelajarkan diri sendiri tanpa
bergantung kepada pihak lain. Multimedia yang dirancang harus memenuhi karakter
self instructional yaitu:
1)
Terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas, baik tujuan akhir maupun tujuan
antara;
2) Terdapat materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit atau kegiatan spesifik sehingga memudahkan peserta untuk belajar secara tuntas;
2) Terdapat materi pembelajaran yang dikemas ke dalam unit-unit atau kegiatan spesifik sehingga memudahkan peserta untuk belajar secara tuntas;
3)
Tersedia contoh dan ilustrasi yang mendukung kejelasan dalam pemaparan materi.
4)
Terdapat soal-soal latihan, tugas dan sejenisnya yang memungkinkan peserta
untuk memberikan respon dan mengukur penguasaannya;
5)
Kontekstual yaitu materi-materti yang disajikan terkait dengan suasana atau
konteks tugas dan lingkungan pelajar;
6) Menggunakan bahasa yang sederhana
dan komunikatif;
7) Terdapat rangkuman materi
pembelajaran;
8)
Terdapt instrument penilaian yang memungkinkan pelajar untuk melakukan self
assessment.
9)
Tersedia informasi tentang rujukan/referensi tentang pengayaan yang mendukung
materi pembelajaran.
E.
Self
Contained
Self
contained berarti seluruh materi pembelajaran yang dipelajari dari satu
kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu kesatuan
secara utuh. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam
mempelajari materi pembelajaran secara tuntas, karena materi dikemas ke dalam
satu kesatuan yang utuh. Apabila harus dilakukan pembagian atau pemisahan
materi dari satu kompetensi/subkompetensi harus dilakukan dengan hati-hati dan
memperhatikan keluasan kompetensi/subkompetensi yang harus dikuasai.
F. Self Pacing
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya dalam memahami materi.
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya dalam memahami materi.
0 komentar:
Posting Komentar